8 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa, Umat Muslim Catat!

SHARE  

Ilustrasi berbuka puasa. (Freepik) Foto: Ilustrasi berbuka puasa. (Freepik)

Daftar Isi

Jakarta, CNBC Indonesia – Bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia, Ramadan, akhirnya tiba. Pada bulan ini, seluruh umat Muslim yang memenuhi syarat diwajibkan untuk melaksanakan ibadah berpuasa.

Selama melaksanakan ibadah puasa Ramadan, umat Muslim wajib untuk mampu menahan hawa nafsu, haus, lapar, hingga mengontrol diri sejak terbit fajar hingga matahari terbenam dapat berjalan dengan lancar. Namun, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan agar puasa tak batal.

Lantas, apa saja hal-hal yang bisa membatalkan puasa? Berikut daftarnya, merujuk pada kitab Fath Al-Qarib.

1. Haid

Perempuan yang memasuki masa haid dan nifas tidak diperbolehkan untuk berpuasa dan wajib membatalkan puasanya. Sebagai gantinya, perempuan yang tidak berpuasa akibat haid dan nifas wajib melakukan qadha di luar bulan Ramadhan atau membayar fidyah sebagai pengganti puasanya.

2. Berjimak

Berjimak atau melakukan hubungan seksual secara sengaja juga dapat menjadi salah satu penyebab batal dan tidak sahnya puasa seseorang. Jika batal akibat berhubungan seksual, seseorang harus berpuasa selama dua bulan berturut-turut.

Namun jika tidak mampu maka diwajibkan memberi makan 60 fakir miskin dengan pembagian masing-masing tiga perempat liter beras.

Baca: Menu Sahur & Berbuka Puasa Paling Aman untuk Penderita GERD

3. Gila

Umat Muslim yang mengalami kondisi gila atau junun saat pertengahan puasa dianggap tidak sah menjalankan ibadah puasa. Sebab, keadaan tersebut dianggap orang kehilangan akal dan salah satu syarat berpuasa adalah berakal sehat. Maka dari itu, berpuasa dalam kondisi kehilangan akal atau gila membuat hukum puasa yang dijalankan menjadi batal.

4. Murtad Saat Berpuasa

Murtad atau orang yang keluar dari ajaran Islam saat berpuasa juga jadi salah satu penyebab batalnya puasa. Selain membatalkan puasa, orang tersebut juga hendaknya mengucap syahadat dan melakukan qadha puasa.

5. Muntah Disengaja

Penyebab puasa batal juga karena sengaja muntah. Misalnya memasukkan sebuah benda dengan sengaja ke mulut yang memicu mual dan muntah.

Baca: Orang Jenius Punya 8 Kebiasaan Unik Ini, Kamu Juga?

6. Keluar Air Mani

Ada beberapa penyebab air mani keluar atau sperma, seperti onani hingga bermesraan dengan orang lain meski tidak berhubungan badan. Jika dilakukan dengan sengaja maka akan membatalkan puasa. Namun saat mimpi basah karena kondisi tidak sadar puasa masih dianggap sah.

7. Memasukkan Obat ke Dubur dan Qubul

Jika seseorang menjalani pengobatan dengan memasukkan obat ke salah satu dari dua jalan qubul dan dubur maka akan membatalkan puasa. Misalnya penderita ambeien atau penyakit lain yang memungkinkan menggunakan kateter urine.

8. Berbuka Puasa dengan Sesuatu yang Haram

Berbuka puasa dengan makanan atau minuman haram juga akan membatalkan puasa. Selain pahala puasa yang hilang, dampaknya juga akan membuat ibadah selanjutnya menjadi terasa https://bermimpilahlagi.com/berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*