Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Libur Nataru Sumbang Rp120 T ke Perekonomian Nasional

JAKARTAKOMPAS.TVMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno memproyeksikan momentum libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (nataru) dapat memberikan kontribusi hingga Rp120 triliun terhadap perekonomian nasional.

Angka itu datang dari pergerakan masyarakat selama Nataru sebanyak 107 juta hingga 110 juta orang.

Sandi menyebut, masyarakat yang berpergian itu setidaknya melakukan kegiatan wisata hingga lebih dari 2 kali. 

“Dari jumlah tersebut diperkirakan terdapat 200 hingga 250 juta pergerakan wisatawan Nusantara, dengan pengeluaran per kunjungan mencapai Rp2,4 hingga Rp2,5 juta menurut data BPS,” kata Sandi saat mengunjungi kawasan wisata Pantai Indak Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Selasa (26/12/2023). 

Baca Juga: Penumpang Kereta Whoosh Tembus 1 Juta, Menhub: Indonesia Sejajar dengan Negara Maju

Ia berharap, pergerakan wisatawan Nusantara dapat memberikan kontribusi signifikan pada pergerakan perekonomian.

Hal ini seiring dengan upaya pemerintah mencapai pertumbuhan di atas 5 persen dan penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Nah Ini sangat dibutuhkan karena kita ingin pertumbuhan Indonesia di atas 5 persen dan membuka 4,4 juta lapangan kerja baru berkualitas di sektor Parekraf di 2024,” ujarnya seperti dikutip dari Antara. 

Oleh karena itu, dia mendorong masyarakat untuk memanfaatkan potensi pariwisata lokal sebagai alternatif di tengah lonjakan kasus COVID-19 di luar negeri.

Sandiaga menekankan, berwisata di Indonesia tidak hanya memberikan pengalaman kuliner, tetapi juga mendukung perekonomian setempat.

Baca Juga: Ini Cara Ragunan Jaga Kesehatan Hewan saat Libur Natal dan Tahun Baru

Ia mencontohkan seperti di Pantjoran PIK, Jakarta, di mana wisatawan bisa menikmati makanan dari berbagai negara seperti Jepang, Hong Kong, dan Taiwan.

“Saya juga anjurkan selain ke PIK, ke Taman Mini Indonesia Indah, karena tadi ada wajah baru yang seru dan konsepnya hijau, inklusif, dan pintar,” kata Sandi. 

Meski begitu, terkait kasus COVID-19 yang kembali marak di beberapa negara ASEAN, Sandiaga mengimbau agar masyarakat untuk mempertimbangkan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak demi kesehatan dan keselamatan selama liburan nataru.

“Saya harapkan wisatawan tetap menjaga protokol, bukan hanya kesehatan, tetapi juga keselamatan. Pastikan libur Natal dan Tahun Baru ini dapat dijalani dengan lancar, aman, nyaman, menyenangkan, membahagiakan, dan menggerakkan perekonomian,” jujurnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*