Apa motif politik Jokowi mengangkat AHY masuk dalam kabinetnya?

Pilpres 2024

Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Menko Polhukam Hadi Tjahjanto (kiri) dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) memberikan keterangan pers usai pelantikan di Istana Negara

Presiden Joko Widodo resmi melantik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi menteri agraria dan tata ruang – pemimpin Demokrat yang selama hampir satu dekade berada di luar pemerintahan.

Analis politik menyebut langkah ini “agar bisa menghalau serangan-serangan lawan politik, dari pihak oposisi, salah satunya yang ingin menggulirkan hak angket”.

Sebelumnya, Kubu Ganjar-Mahfud menggulirkan wacana hak angket di DPR atas tuduhan persoalan pemilu. Wacana ini juga disambut oleh Kubu Anies-Muhaimin.

Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melambaikan tangan kependukungnya saat akan menyampikan pidato politiknya di Jakarta

Presiden Jokowi resmi mengangkat Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono sebagai anak buahnya ke dalam Kabinet Indonesia Maju. AHY memperoleh kursi menteri agraria dan tata ruang (ATR) yang sebelumnya diduduki Hadi Tjahjanto – mantan panglima TNI.

Hadi sendiri posisinya digeser menjadi menteri koordinator politik, hukum dan keamanan menggantikan Mahfud MD yang sebelumnya mengundurkan diri karena ikut kontestasi Pilpres 2024.

Presiden Jokowi mengutarakan alasan memilih AHY sebagai menteri ATR/Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Pertama, AHY adalah Ketua Umum Partai Demokrat. Kedua, putra pertama Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhohono ini lulusan Akademi Militer (Akmil), dan terakhir AHY juga lulusan pendidikan tinggi di universitas ternama luar negeri.

“Saya kira, saya tidak ragu memberikan tempat untuk kementerian ATR/BPN, karena ini lulusan manajemen, saya kira beliau sangat siap,” kata Presiden Jokowi usai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/02).

Selain itu, Presiden Jokowi juga memberikan tiga tugas prioritas yang akan diemban AHY di kementeriannya dalam waktu delapan bulan ke depan: pengguliran sertifkat elektronik tanah, Hak Guna Usaha untuk perdagangan karbon, dan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Berkaitan target 120 juta PTSL, bidang yang masuk ke PTLS harus bisa kita selesaikan,” kata Jokowi yang mengatakan pengangkatan menteri AHY ini sebagai “kebutuhan”.

Dalam kesempatan yang sama, AHY menggambarkan penunjukan dirinya sebagai menteri ATR/BPN “serba mendadak”.

Senin malam (19/02), AHY mendapat panggilan telepon dari Menteri Sekretaris Negara, Pratikno yang bertanya apakah ada di Jakarta? “Dan beliau kemudian menyampaikan, saya diterima oleh Pak Presiden Jokowi di Istana Merdeka, kemarin Selasa jam 8,” katanya.

Pilpres 2024

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) bernyanyi bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada acara pidato politik Ketum Partai Demokrat di Jakarta

Sehari setelahnya, AHY dilantik menjadi menteri ATR/BPN.

“Oleh karena itu, yang saya lakukan tentunya saya ucapkan terima kasih, dan segera menghadapi Pak Prabowo Subianto juga, bagaimana pun beliau pemimpin Koalisi Indonesia Maju ke depan. Untuk mendapatkan restu juga,” kata AHY.

Momentum ini menandakan Partai Demokrat kini tak lagi menjadi oposisi. “Keluarga besar Demokrat sangat senang, karena kontribusi partai politik bisa seluas-luasnya melalui jalur pemerintahan,” kata AHY semringah.

Pilpres 2024

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kanan) disambut mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kiri) setibanya di Museum dan Galeri SBY-ANI di Pacitan, Jawa Timur,

Ketika ditanya apakah ini bagian dari strategi pemerintahan menjegal suara hak angket yang akan digulirkan di DPR?

AHY menjawab: “Itu hak partai politik. Saya tidak ingin terjebak”.

“Yang jelas kita harus move on. Lima sampai 10 tahun banyak tantangan, sudah saatnya kita membangun rekonsiliasi bangsa,” tambahnya.

Pelantikan di tengah wacana hak angket DPR

Pengangkatan AHY sebagai menteri ATR/BPN berada di tengah wacana hak angket DPR yang awalnya digulirkan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Ia mendorong PDI Perjuangan dan PPP menggunakan hak angket terkait dengan tuduhan kecurangan pemilu.

Hak angket DPR adalah hak melakukan penyelidikan terhadap pelaksanaan suatu undang-undang atau kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan hal penting, strategis, dan berdampak luas.

“Dalam hal ini, DPR memanggil pejabat negara yang mengetahi praktik kecurangan tersebut, termasuk meminta pertanggungjawaban KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara Pemilu,” kata Ganjar.

Pilpres 2024

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengawali wacana penggunaan hak angket di DPR atas tuduhan pemilu curang.

Pilpres 2024

Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menyambut wacana hak angket Ganjar Pranowo

Wacana ini disambut carpes nomor urut 1, Anies Baswedan. Menurutnya, partai koalisi perubahan siap mendukung hak angket yang akan digulirkan.

Partai yang mengusung pasangan Anies-Muhaimin ini adalah PKB, PKS dan Nasdem.

Di sisi lain, Presiden Jokowi mempersilakan hak tersebut digulirkan. “Ya itu hak demokrasi, nggak apa-apa kan?” katanya.

Strategi menghalau hak angket?

Menurut pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, motif politik Jokowi menempatkan AHY dalam kabinetnya sebagai upaya “menghalau serangan-serangan lawan politik.“

“Agar kuat, agar tidak lemah, agar bisa menjaga kebijakan-kebijakan Jokowi agar aman, dan agar bisa menghalau serangan-serangan lawan politik dari pihak oposisi, salah satunya yang ingin menggulirkan hak angket tersebut,“ kata Ujang kepada BBC News Indonesia, Rabu (21/02).

Dalam momentum politik ini, tambah Ujang, akan semakin menegaskan peta politik yang akan terbangun ke depannya. PDI Perjuangan akan semakin kukuh berada di luar pemerintahan. Musababnya, hubungan pentolan PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri dan Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono “tidak pernah akur hingga saat ini“.

Pilpres 2024

Analis politik menyebut hubungan Megawati Soekarnoputri dengan Susilo Bambang Yudhoyono seperti “dua bejana yang berbeda”.

“Jadi seperti dua bejana yang berbeda. Kalau satu ada di kekuasaan, satu lagi ada di oposisi,“ kata Ujang.

Selain itu, Ujang bilang pengangkatan AHY dalam Kabinet Indonesia Maju juga “bisa jadi“ sebagai jaminan awal bagi Demokrat untuk memperoleh posisi-posisi menteri lainnya di pemerintahan Prabowo-Gibran ke depan.

“Saya meyakini kalau di pemerintahan Jokowi-Ma‘ruf Amin dapat satu [jabatan menteri], bisa jadi di Pemerintahan Prabowo-Gibran, dalam konteks berlanjutan bisa dapat dua, mungkin,“ katanya.

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno mengartikan langkah Jokowi mengangkat AHY sebagai menteri sebagai “Politik kita sangat begitu cair. Dulu lawan sekarang kawan“.

Pilpres 2024

Profil AHY

Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat 10 Agustus 1978 ini merupakan putra pertama dari Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Ia juga cucu dari Letjen. TNI purnawirawan Sarwo Edhie Wibowo, yang merupakan ayah dari ibunya, Ani Yudhoyono.

Masa kecilnya banyak dihabiskan dengan berpindah-pindah tempat – mengikuti lokasi pendidikan dan dinas ayahnya mulai dari Bandung, Timor Timur (sekarang Timor Leste), Jakarta hingga Amerika Serikat.

AHY mengawali karir militernya lewat Akademi Militer (AKMIL), dan telah malang melintang sebagai militer profesional di TNI Angkatan Darat selama 16 tahun. Ia pernah bertugas dalam operasi pemulihan keamanan di Aceh pada 2002, dan operasi perdamaian PBB di Libanon pada 2006.

Pilpres 2024

Dalam periode selanjutnya, AHY berjibaku dengan Partai Demokrat untuk pemenangan Pilada 2018 dan Pemilu 2019. Sang ayah, mendaulat AHY sebagai komandan satuan tugas bersama (Kogasma) untuk pemenangan Partai Demokrat di dua momen pesta demokrasi tersebut.

Pada Pilpres 2019, Partai Demokrat berkoalisi dengan partai pendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Di tahun yang sama, AHY ditunjuk sebagai wakil ketua umum Partai Demokrat.

Meskipun jagoan yang diusung mengalami kekalahan dari pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin, dinamika politik terus terjadi. AHY disebut-sebut sempat akan memperoleh kursi menteri pemuda dan olah raga di kabinet Jokowi pada 2019, seperti dikutip Detik. Namun, hal ini tidak terjadi.

Pilpres 2024

Dalam periode selanjutnya, AHY berjibaku dengan Partai Demokrat untuk pemenangan Pilada 2018 dan Pemilu 2019. Sang ayah, mendaulat AHY https://bermimpilahlagi.com/sebagai komandan satuan tugas bersama (Kogasma) untuk pemenangan Partai Demokrat di dua momen pesta demokrasi tersebut.

Pada Pilpres 2019, Partai Demokrat berkoalisi dengan partai pendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Di tahun yang sama, AHY ditunjuk sebagai wakil ketua umum Partai Demokrat.

Meskipun jagoan yang diusung mengalami kekalahan dari pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin, dinamika politik terus terjadi. AHY disebut-sebut sempat akan memperoleh kursi menteri pemuda dan olah raga di kabinet Jokowi pada 2019, seperti dikutip Detik. Namun, hal ini tidak terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*