Tinjau Pembangunan Nusantara Hotel dan Nusantara Superblok, Jokowi Senang dengan Progres IKN

PENAJAM PASER UTARAKOMPAS.TVPresiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan dirinya puas melihat kemajuan pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu ia sampaikan saat meninjau progres pembangunn Hotel Nusantara di kawasan IKN, Rabu (20/12/2023).  

“Saat ini, kami datang untuk peletakan batu pertama sejumlah pembangunan fisik dan melihat pembangunan yang telah dilakukan. Kami senang dengan melihat kemajuan pembangunan Ibu Kota Negara baru Indonesia, masih sesuai target dan diharapkan pada awal Agustus 2024 bangunan sudah dapat difungsikan,” kata Jokowi dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden. 

Jokowi mengungkap, pembangunan Hotel Nusantara saat ini mencapai 34,5 persen.

Sedangkan secara keseluruhan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat, 82 paket proyek di IKN pembangunannya mencapai sekitar 21,16 persen.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Groundbreaking RSUP IKN, Sebut Ada 3 RS Swasta Lagi yang akan Dibangun

Hotel Nusantara itu mencakup luas 20.164 meter persegi dengan tinggi bangunan mencapai 43,10 meter.

Bangunan yang terdiri dari sembilan lantai itu memiliki jumlah kamar 191 unit, yang terbagi enam tipe kamar. 

Masing-masing tipe kamar adalah Premier Twin 61 unit, Premier King 102 unit, Junior Suite 14 unit, Executive Suite 12 unit, Disable Room 1 unit, dan President Suite 1 unit.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek Hotel Nusantara pada 21 September 2023.

Pemasangan atap bangunan (topping off) hotel bintang lima itu ditargetkan selesai pada kuartal pertama 2024, dengan target penyelesaian seluruh bangunan sebelum Agustus 2024.

Baca Juga: MenPANRB: 3.246 ASN Pindah ke IKN pada Juli hingga November 2024

Hotel itu merupakan hasil investasi konsorsium yang terdiri dari sembilan perusahaan swasta dalam negeri senilai Rp20 triliun.

Hotel Nusantara berlokasi di kawasan area khusus pengembangan bisnis dan jasa (mix-used) di sekitar Titik Nol IKN.

Jokowi menyatakan, banyaknya investor lokal yang membangun di IKN diharapkan bisa memacu investor asing menanamkan modalnya di IKN. 

“Investor dalam negeri terutama dari Kalimantan Timur juga menanamkan modal miliaran rupiah dengan berbagai sektor, di antaranya perhotelan dan pusat perbelanjaan di ibu kota negara Indonesia baru,” ucap Jokowi

Baca Juga: Benarkah Manfaat IKN Hanya untuk Segelintir Orang atau Jadi Simbol Pemerataan Pembangunan?

Setelah melakukan peninjauan pembangunan Hotel Nusantara, Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan pusat perbelanjaan Nusantara Superblock di Kota Nusantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*